Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kosakata Bahasa Arab Tentang Macam Macam Warna Lengkap Dengan Penjelasannya

Kosakata bahasa arab tentang warnaAssalamualaikum wa rahmatullohi wa baraakatuh, sahabat ilmuarab.net yang dirahmati Allah. Semoga kita senantiasa dalam lindungan dan maghfirohnya. Alhamdulillah setelah kami menuliskan beberapa artikel yang berisikan kosa kata bahasa arab dengan tema yang berbeda beda. Kali ini kita akan kembali belajar menghafal mufrodat tentang nama nama warna dan artinya.

Dunia ini di isi dengan warna warna yang indah. Bila tak ada warna di dunia ini maka semuanya akan hambar. Bahkan seorang anak kecil saja hanya akan tertarik pada suatu benda yang memiliki warna mencolok dan indah. Sehingga sangat penting buat kalian yang sedang belajar bahasa arab untuk menghafal kosakata warna warna.

Sebab mufrodat ini kerap diucapkan dalam percakapan bahasa Arab. Oleh sebab itu, yuk belajar bersama sama menghafal kosakata warna dalam bahasa Arab. Berikut ilmuarab.net sudah merangkum lengkap dengan arti dan penjelasannya.

Kosakata Bahasa Arab Tentang Warna


Kosakata Bahasa Arab Tentang Macam Macam Warna

Kosakata bahasa arab macam macam warna berikut ini bisa anda hafalkan langsung. Namun agar lebih mudah bisa langsung disalin pada sebuah kertas karton dengan disertai warna yang sesuai dengan arabnya. Kemudian anda tempelkan di dinding rumah supaya lebih mudah diingat oleh anda dalam rangka belajar.

Atau bisa juga dijadikan bahan referensi untuk diajarkan pada anak didik kita di sekolah, di rumah maupun di lembaga pendidikan lainnya. Langsung saja berikut ini kosakata bahasa arab tentang macam macam warna:

Warna Mudzakkar Muannats
Hitam أَسْوَدُ سَوْدَاءُ
Putih أَبْيَضُ بَيْضَاءُ
Merah أَحْمَرُ حَمْرَاءُ
Biru أَزْرَقُ أزَرْقَاءُ
Hijau أَخْضَرُ أخَضْرَاءُ
Kuning أَصْفَرُ أصَفْرَاءُ
Orange بُرْتُقَالِيٌّ بُرْتُقَالِيَّةٌ
Ungu بَنَفْسَجِيٌّ بَنَفْسَجِيَّةٌ
Abu-Abu رَمَادِيٌّ رَمَادِيَّةٌ
Coklat بُنِّيٌّ بُنِّيَّةٌ
Pink وَرْدِيٌّ وَرْدِيَّةٌ

Penjelasan Penggunaan Kosakata Warna di Atas


Kosakata Bahasa Arab Tentang Warna

Dalam bahasa Arab tentang warna memiliki dua kedudukan dalam susuan kalimat/tarkiib. Yaitu khabar untuk mubtada' dan shifah/na'at.

Nah, khabar dan shifah harus menyesuaikan kata sebelumnya. Misalnya bila mubtada'nya mudzakar (laki laki) maka khabarnya harus mudzakar juga. Begitu juga sebaliknya. Apabila mubtada'nya mu'annats (perempuan) maka khabarnya juga harus mu'annats. Kaidah ini juga berlaku pada shifah dan maushufnya (yang disifati).

Biar lebih jelasnya silakan pahami contoh kalimat di bawah ini:

Contoh (1). Kalimat Khabar


اَلۡكُرۡسِيُّ اَحۡمَرُ   Kursinya merah
اَلۡحَقِيۡبَۃُ حَمۡرَاءُ  Tasnya merah

Penjelasan:

Kursi dan Tas sama sama berwarna merah. Akan tetapi dari segi jenisnya berbeda. Bahwa kursi di sana berjenis mudzakar (laki laki)  dan tas berjenis muannats (perempuan). Jadi kata kedua harus mengikuti kata yang pertama. Yakni mudzakar dengan mudzakar, muannats dengan muannats.

Contoh (2) Kalimat Shifah


هَذَا مَكۡتَبٌ اَزۡرَقُ    Ini meja biru
هَذِهِ حِزَانَۃٌ زَرۡقَاءُ   Ini lemari biru.

Penjelasan:

Meja dan lemari sama sama berwarna biru. Akan tetapi dalam lafadz arabnya meja adalah mudzakar dan lemari muannats. Sehingga lafadz arab warna biru mengikuti lafadz sebelumnya.

Baca juga: 90 Kosakata Bahasa Arab Tentang Pakaian

Baiklah itu saja dari kami mengenai kosakata bahasa Arab macam macam warna. Semoga mufrodat yang telah berhasil kami rangkum di sini bermanfaat bagi anda yang baru saja belajar bahasa Arab maupun yang ingin menghafalnya. Sekian dari kami wassalamualaikum wa rahmatullohi wa barokaatuh. 

Posting Komentar untuk "Kosakata Bahasa Arab Tentang Macam Macam Warna Lengkap Dengan Penjelasannya"