Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Kosakata Bahasa Arab Tentang Alat Tulis atau Peralatan Sekolah

Kosakata bahasa arab tentang alat tulis- Assalamaualaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh pembaca setia ilmuarab.net. Alhamdulillah kami diberi kelapangan waktu untuk bisa menulis beberapa kosa kata bahasa arab lagi di situs ini. Kali ini kosa kata yang kami sajikan bertema sekolah. Atau lebih tepatnya tentang alat tulis atau peralatan sekolah. Disertai arti dalam bahasa Indonesia.

Kosa kata tersebut nantinya bisa anda hafalkan khususnya bagi para pelajar yang ingin mengetahui bahasa arab dari macam macam peralatan sekolah yang ada. Untuk pemula yang baru saja mengenal bahasa arab, maka bisa anda tulis ulang dengan pena atau spidol di lembar kertas karton lalu ditempelkan di kamar atau boleh juga di papan tulis atau bisa juga ditempel di benda benda atau alat alat tulis tersebut untuk memudahkan anda dalam menghafalnya.

Namun perlu kalian ketahui bahwa kosakata peralatan alat tulis berbeda dengan kosakata sekitar sekolah. Yang ini lebih fokus ke alat tulis saja. Meskipun nanti kami juga akan sedikit menulis apa yang ada di sekolahan. Tapi, itu hanyalah sedikit. Tidak banyak. Semisal guru, murid, jendela dan lain lain.

Adapun kosakata mufrodat tentang sekitar sekolahan. Insyaallah akan kami tulis besok. Berikut Bahasa Arab tentang peralatan belajar mengajar di sekolah.

Kosakata Bahasa Arab Tentang Alat Tulis Sekolah Lengkap


Kosakata Bahasa Arab Tentang Alat Tulis Sekolah

Bagi pelajar dan pengajar tentu sangat membutuhkan adanya alat tulis di sekolah maupun di rumah. Fasilitas tersebut sangat menunjang proses belajar dan mengajar anda lebih lancar dan maksimal. Jika tidak ada alat alat tulis maka belajar kita akan sulit. Oleh karena itu yuk mari kita hafalkan kosakata alat tulis atau peralatan sekolah menggunakan bahasa arab di bawah ini:

Kata Mf Jamak
Seragam زِيٌّ أَزْيَاءٌ
Tas حَقِيْبَةٌ حَقَائِبُ
Sepatu حَذَاءٌ أَحْذِيَةٌ
Ikat pinggang/sabuk حِزَامٌ أَحْزِمَةٌ
Topi قُبَّعَةٌ قُبَّعَاتٌ
Buku كِتَابٌ كُتُبٌ
Buku tulis دَفْتَرٌ دَفَاتِرُ
Tempat pensil مِقْلَمَةٌ مَقَالِمُ
Pena/ball point قَلَمٌ أَقْلَامٌ
Pensil قَلَمُ الرَّصَاصِ    -
Penghapus مِمْحَاةٌ مَمَاحٍ
Penggaris مِسْطَرَةٌ مَسَاطِرُ
Jangka فِرْجَارٌ فَرَاجِيْرُ
Rautan مِبْرَاةٌ مَبَارٍ
Botol minuman ٍقَارُوْرَةُ مَاء قَوَارِيْرُ مِيَاهٍ
Sekolah مَدْرَسَةٌ مَدَارِسٌ
Kelas فَصْلٌ فُصُوۡلٌ
Papan tulis سَبُّوْرَةٌ -
Kertas قِرْطَاسٌ قَرَاطِسٌ
Bangku مَقْعَدٌ مَقَاعِدٌ
Papan لَوْحٌ -
Meja مِنْضَدَةٌ -
Laci دُرْجٌ -
Kursi كُرْسِيٌّ كَرَاسِيٌّ
Latihan تَدْرِيْبٌ تَدۡرِيۡبَات
Formulir إِسْتِمَارَةٌ -
Murid تِلْمِيْذٌ تَلَامِيۡذٌ
Guru أُسْتَاذٌ اَسَاتِيۡذٌ
Lemari دُوْلاَبٌ -
Jendela شُبَّاكٌ -
Kapur طَبَاشِيْرُ -
Pintu بَابٌ أبواب
Gunting مِقَصٌ -
Jam سَاعَۃٌ -
Tinta حِبْرٌ -
Hadir حَاضِرٌ -
Absen/tidak hadir غَائِبٌ -

Baca juga: 28 Kosakata Bahasa Arab Tentang Alat Transportasi dan Artinya

Sebelumnya kami minta maaf karena tidak semua mufrodat terdapat jamaknya yang belum berhasil kami rangkum secara sempurna. Namun antum harus tetap bisa menghafalnya di rumah maupun di sekolahan. Selain itu kami sudah berusaha semampu mungkin agar tulisan kosakata bahasa Arab tentang alat tulis sekolah di situs ini menjadi terlengkap dibandingkan lainnya. Semoga bisa bermanfaat dan berkah. Wassalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh

5 komentar untuk "40 Kosakata Bahasa Arab Tentang Alat Tulis atau Peralatan Sekolah"