ILMU ARAB

Belajar Bahasa Arab untuk Pemula dan Lanjutan

Ucapan Belasungkawa Bahasa Arab yang Baik Beserta Artinya

Ucapan belasungkawa bahasa arab- mengucapkan kalimat belasungkawa bukanlah hal yang baru di masyarakat. Ketika ada yang menerima musibah di lingkungan rumah, biasanya tetangga atau keluarga terdekatnya langsung mendatangi rumah yang terkena musibah dan mengucapkan rasa belasungkawa. Hal ini sebagai wujud persaudaraan di antara kaum muslimin.

Untuk itu ilmuarab.net disini akan membantu teman-teman menemukan kalimat ucapan belasungkawa dalam bahasa Arab yang cocok untuk diungkapkan kepada kerabat atau teman yang terkena musibah. Selain itu saya juga akan memberikan ucapan dalam bahasa Arab bagi yang terkena musibah sesuai ajaran nabi -shalallahu alaihi wassalam-

Ucapan belasungkawa dalam bahasa Arab ini berbeda dengan ucapan belasungkawa dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Kalau ucapan belasungkawa dalam bahasa Indonesia kalian bisa menyusunnya sendiri sebanyak-banyaknya. Namun apabila bahasa Arab maka harus sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah.

Karena yang akan kita ucapkan adalah doa terbaik buat yang terkena musibah. Bahkan di dalam Islam sendiri sangat menganjurkan agar yang tidak terkena musibah untuk mendoakan kepada yang terkena musibah. Dan bagi yang terkena musibah agar mengucapkan kalimat kalimat tertentu yang sudah diajarkan Allah dan rasulNya. Apa saja ucapan berduka dalam bahasa Arab?

Ucapan Belasungkawa Bahasa Arab Beserta Tulisan Latin dan Artinya


Ucapan Belasungkawa Bahasa Arab Beserta Artinya

Berikut ucapan belasungkawa bahasa arab lengkap disertai tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesia. Sekitar ada 5 kalimat belasungkawa memakai Bahasa Arab:

Bagi orang yang bertakziyah (mengunjungi saudaranya yang meninggal) maka ia berkata kepada yang sedang tertimpa musibah dengan ucapan,

أحسن اللٰهُ عَزَاكَ، وَجَبَرَ مُصَابَكَ، وَغَفَرَ لِمَيۡتِكَ وَرَحِمَه وَخَلَفَهُ فِيۡ عَقَبِهِ بِخَيۡرٍ

Latinnya: Ahsanallahu azaaka wa jabaro mushabaka wa ghafaro li mayyitika wa rahimahu wa khalafahu fii aqibihi bikhairin

Artiya: "Semoga Allah memberimu pelipur lara, memberikan kebaikan atas musibahmu, mengampuni si mayyit, melimpahkan rahmat dan menggantikannya dengan yang lebih baik."

Atau bisa juga mengatakan,

إِنَ فِي اللٰهِ عَزَاءً مِنۡ كُلِّ فَائِتٍ، وَخَلۡفًا مِنۡ كُلِّ هَالِكٍ، فَبِاللّٰهِ تَقۡوًا وَإِيَاهُ فارجوا فَإِنَّ المُصَابَ مِنۡ حَرَمٍ الثواب
Artinya: "Sesungguhnya Allah akan memberi pelupur lara bagi segala yang telah hilang dan memberi pengganti bagi semua yang musnah, maka kepada Allah-lah bertakwa, kembalilah (kepada Allah) karena orang yang tertimpa musibah bisa dihalangi dari pahala"

Ucapan lain yaitu:

رَحِمَكَ اللهُ وَآجَرَكَ 

Artinya: "Semoga Allah merahmatimu, dan memberimu pahala kepadamu" [HR. Tirmidzi, (4/60)].


إِنَّ لِلَّهِ مَا أَخَذَ، وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمَّى فَلْتَصْبِرْ وَلْتَحْتَسِبْ

Latinnya: Inna Lillahi Maa Akhodzaka, Wa Lahu Maa Atahu, Wa Kullu Syaiin Indahu Bi Ajalin Musamma, Faltasbir Waltahtasib

Artinya: "Sesungguhnya milik Allah dari apa yang Dia ambil, dan akan kembali kepada-Nya apa yang Dia berikan. Segala sesuatu yang ada disisi-Nya ada jangka waktu tertentu ada ajalnya. Maka hendaklah engkau bersabar dan memohon pahala dari Allah. [HR Muslim, 3/39].

Ucapan belasungkawa bahasa arab lainnya adalah:

أَعْظَمَ اللهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاكَ وَرَحِمَ مَيِّتَكَ

Artinya: "Semoga Allah melipatkan pahalamu, memberimu pelipur lara yang baik, dan semoga Dia memberikan rahmat kepada si mayyit [Lihat Hasyiyah Radd al Mukhtar (1/604), al Mughni (3/486), al Inshaf (2/565)]

Setelah memberikan ucapan belasungkawa dalam bahasa Arab sembari kalian memberikan motivasi dan semangat agar tidak bersedih terlalu dalam.

Adapun bagi yang terkena musibah wajib ridha terhadap takdir yang menimpanya. Dilarang merobek robek kerah baju, memukul-mukul tubuh, berteriak-teriak, menjerit terus menerus dan mencabut atau mengacak-acak rambut dan lain sebagainya. Karena hal itu termasuk nihayah (meratapi) yang dilarang.

Tidak mengapa bagi kalian untuk menangis/bersedih dan mengucapkan kalimat:

العين تدمع والقلب يحزن، ولا نقول إلا ما يرضي ربنا

Al-'ainu tadmaghu wal qalbu yahzanu, walaa naqulu illa maa yardha rabbuna.

Artinya: "Mata boleh jadi menangis dan hati bersedih, (akan tetapi) kami tidaklah berkata-kata kecuali apa yang diridhai Rabb kami"

Begitu saja ulasan mengenai ucapan belasungkawa bahasa Arab yang baik beserta arti dan tulisan latinnya. Semoga artikel ini membantu teman-teman cara mengucapkan rasa sedih kepada sahabat teman atau keluarga. Referensi: http://www.ibn-jebreen.com/books/6-49-2167-2003-2313.html

0 Komentar Ucapan Belasungkawa Bahasa Arab yang Baik Beserta Artinya

Posting Komentar

Back To Top