Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Bahasa Arab Tentang Profesi atau Pekerjaan Beserta Artinya

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh sahabat ilmuarab.net yang semoga selalu dilindungi Allah dimanapun berada dan senantiasa mendapat hidayah serta naungan rahmatNya. Puji syukur kami kepada Pencipta alam dan isinya. Alhamdulillah setelah satu pekan kami tidak mengupdate artikel di sini, maka hari ini kami hadir untuk menyajikan sebuah artikel dengan tema yang berbeda.

Jika biasanya kami menyajikan terkait kosakata, percakapan dan contoh kalimat bahasa arab maka kali ini tentang sebuah cerita dalam bahasa arab yang berkaitan dengan profesi atau pekerjaan. Sebelumnya kami sudah menulis terkait pekerjaan di dalam web ini yang berjudul percakapan bahasa arab tentang profesi dan kosakata tentang profesi atau pekerjaan.

Oleh sebab itu, agar lebih lengkap lagi kami membahas sebuah cerita yang sangat mengesankan serta membuat hati ini pilu saat membacanya. Baiklah untuk menyingkat waktu silakan langsung saja disimak berikut cerita bahasa arab tentang profesi atau pekerjaan.

Contoh Cerita Bahasa Arab Tentang Profesi atau Pekerjaan

Cerita Bahasa Arab Tentang Profesi atau Pekerjaan

Cerita yang kami sajikan di bawah ini sebagian kami ambil dari kitab al arobiyah linnasyiin dan sebagian pula murni dari ide kami sendiri. Semoga bisa dijadikan inspirasi.


 اَسْمَاءُ امْرَاَۃٌ نَشِيطَۃٌ. مَاتَ زَوْجُهَا قَبْلَ سَنَتَيْنِ وَتَرَكَ لَهاَ اَرْبَعَۃَ اَوْلَادٍ وَ بِنْتًا وَاحِدَۃً. وَ تَرَكَ لَهَا مَالًا قَلِيلًا٬ اِنْتَهَی بَعْدَ شَهْرَيْنِ.

 فَكَّرَتْ اَسْمَاءُ كَثِيْرًا. هِيَ الٓاَنَ مَسْئُولَةٌ عَنْ عَائِلَةٍ كَبِيْرَةٍ وَهِيَ لَا تَمْلِكُ شَيْئًا مِنَ الْمَالِ. كَيْفَ تَعِيْشُ عَائِلَتُهَا؟ مَاذَا تَأْكُلُ؟ وَ مَاذَا تَشْرَبُ؟ وَ مَاذَا تَلْبَسُ؟تَذَكَّرَتْ أَسْمَاءُ زَوْجَهَا وَ بَكَتْ.

فِي الصَّبَاحِ ذَهَبَتْ اَسْمَاءُ اِلَی مَصْنَعِ الْخْبْزِ وَ قَابَلَتْ مُدِيْرَ الْمَصْنَعِ وَ اَخْبَرَتْهُ بِمُشْكِلَتِهَا وَ طَلَبَتْ مِنْهُ اَنْ يُسَاعِدَهَا. طَلَبَ مِنهَا الْمُدِيْرُ اَنْ تَحْضُرَ اِلَی الْمَصْنَعِ غَدًا لِتَسْتَلِمَ الْعَمَلَ.

جَاءَتْ مُبَكِّرَۃً اِلَی الْمَصْنَعِ وَ بَدَاَتْ عَمَلَهَا. كَانَتْ سَعِيْدَۃً جِدًّ. فَهِيَ الٓاَنَ تَسْتَطِيْعُ اَنْ تُسَاعِدَ عَائِلَتَهَا.

بَلْ اِسْتَطَاعَتْ اَسْمَاءُ اَنْ تُعَلِّمَ اَوْلَادَهَا. وَكَانَ اَحَدُهُمْ طَبِيْبًا وَ الثَّانِي مُهَنْدِسًا وَ الثَّالِثُ اُسْتَاذًا.

Artinya:

Asma' adalah seorang wanita yang rajin. Suaminya telah meninggal dunia 2 tahun yang lalu, beliau meninggalkan 4 anak laki laki dan satu perempuan. Beliau meninggalkan harta yang sedikit untuk Asma' dan akan habis dalam dua bulan ke depan. 

Asma' berfikir keras, karena dia sekarang yang bertanggung jawab atas keluarga besarnya. Sedangkan dia tidak memiliki harta sedikitpun. Bagaimana keluarganya akan hidup? Apa yang dimakan nanti? Dan apa yang diminum nanti? Pakaian apa yang akan dikenakan? Asma' langsung teringat suaminya lalu menangis.

Pada pagi hari, Asma' pergi ke pabrik roti. Ia bertemu dengan pemilik pabrik kemudian menceritakan masalahnya dan memintanya agar mau membantunya. Pemilik pabrik tersebut memintanya datang ke pabrik esok hari untuk interview pekerjaan. 

Dia pun datang ke pabrik tersebut pagi pagi sekali dan langsung memulai pekerjaannya. Dia sangat bahagia sekali karena sekarang sudah bisa membantu keluarganya.

Bahkan Asma' mampu menyekolahkan anak anaknya. Hingga anak pertamanya menjadi seorang dokter, anak kedua menjadi insinyur dan anak ketiga menjadi seorang guru. 

Itulah sepenggal cerita tentang profesi atau pekerjaan dalam bahasa arab. Ada hikmah dalam cerita tersebut agar kita semua tidak putus asa serta harus bangkit untuk menata masa depan. Karena Allah bersama orang orang yang sabar dan menerima apapun yang Allah takdirkan. Semoga bisa dijadikan inspirasi dan bermanfaat untuk kita semua. Aamiin. Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh. 

Posting Komentar untuk "Cerita Bahasa Arab Tentang Profesi atau Pekerjaan Beserta Artinya"