ILMU ARAB

Belajar Bahasa Arab untuk Pemula dan Lanjutan

Pengertian Dan Macam Macam Fiil Dalam Bahasa Arab

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh sahabat ilmuarab.net yang dirahmati Allah. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan selalu dalam lindunganNya. Teman teman yang belum banyak menghafal kosakata bahasa arab, ada baiknya buka terlebih dahulu artikel artikel kami sebelumnya yang berisi kosakata bahasa arab. Hal itu untuk memudahkan kita dalam belajar nahwu maupun shorof.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan kali ini, teman teman baca dulu artikel nahwu sebelumnya yang berjudul kaidah nahwu, mengenal jumlah dan syibhul jumlah. Karena ada kaitannya dengan artikel ini. Jika sobat belum membacanya maka akan sulit memahami apa yang kami tulis di sini. Baik langsung saja kita bahas terkait pengertian fi'il dan macam macamnya.

Pengertian Dan Macam Macam Fi'il dalam Kaidah Nahwu


pengertian dan macam macam fi'il dalam bahasa arab

Pertama tama kita wajib tahu apa sih fi'il itu? Ya, fi'il adalah kata kerja atau kata yang menunjukkan arti pekerjaan atau peristiwa yang terjadi di masa lampau, sekarang atau akan datang dan kata perintah. Wah, cukup singkat kan? Nah, kalau begitu kita lanjut ya.

Macam Macam Fi'il Beserta Maknanya


Fi'il terbagi menjadi 3 bagian yaitu Fi'il Madhi (فعل ماضي), Fi'il Mudhori' (فعل مضارع) dan Fi'il Amr (فعل امر). Kita bahas satu persatu dari ketiga fi'il yang telah disebutkan di atas agar lebih paham lagi.



1. Mengenal Fi'il Madhi ( ٌفِعْلٌ مَاضِي )

Fi'il Madhi (فعل ماضي) adalah kata kerja yang menunjukkan arti pekerjaan atau peristiwa yang telah lampau atau telah lewat. Umumnya menggunakan kata asli atau menambahkan dhomir saja dan Fa'il (pelaku). Contoh yang fa'ilnya berupa dhomir: 

  • َخَرَجْتُ الْبَيْت artinya "Aku Telah Keluar Rumah". 
  • َخَرَجْنَا الْبَيْت artinya "Kami Telah Keluar Rumah".
  • َخَرَجُوْا الْبَيْت artinya "Mereka Telah Keluar Rumah".

Kalimat tersebut singkat namun sudah menunjukkan kalimat yang sempurna ( ٌٌجُمْلَة  مُفِيْدَة) dan kita paham bahwa orang tersebut telah keluar rumah, berarti kejadiannya sudah lampau. Contoh yang fa'ilnya berupa nama orang: 

  • َخَرَجَ عَلِيُّ الْبَيْت artinya "Ali Telah Keluar Rumah".
  • َخَرَجَتْ فَاطِمَةُ الْبَيْت artinya "Fatimah Telah Keluar Rumah".

2. Mengenal Fi'il Mudhori' ( ٌفِعْلٌ مُضَارِع )

Fi'il Mudhori' (فعل مضارع) adalah kata kerja yang menunjukkan arti pekerjaan atau peristiwa yang akan datang atau sekarang. Contoh yang fa'ilnya berupa dhomir: 

  • َاَخْرُجُ الْبَيْت artinya "Aku akan keluar rumah atau aku sedang keluar rumah". 
  • َنَخْرُجُ الْبَيْت artinya "Kami akan keluar rumah atau kami sedang keluar rumah".
  • َيَخْرُجُوْنَ الْبَيْت artinya "Mereka akan keluar rumah atau kami sedang keluar rumah".

Perbedaannya dengan fi'il madhi adalah pelatakan dhomir dan fi'il mudhori' juga menggunakan fa'il (pelaku) bisa berupa nama orang. Contoh yang fa'ilnya berupa nama orang atau nama anggota keluarga: 

  • َيَخْرُجُ الْاَبُ الْبَيْت artinya "Ayah Akan Keluar Rumah atau Ayah Sedang Keluar Rumah".
  • َتَخْرُجُ اَسْمَاءُ الْبَيْت artinya "Asma' Akan Keluar Rumah atau Asma' Sedang Keluar Rumah".

3. Mengenal Fi'il Amr ( ٌفِعْلٌ اَمْر )

Fi'il Amr (فعل امر) adalah kata kerja perintah berisi pekerjaan yang dikehendaki oleh mutakallim (pembicara) sebagai orang yang memerintah agar dilakukan oleh mukhottob (lawan bicara) sebagai orang yang diperintah. Contohnya: 

  • َيَا عَلِيُّ اُكْتُبْ اَلدَّرْس artinya "Hai Ali, Tulislah Pelajaran itu!"
  • اُكْتُبِيْ الدَّرْسَ الْآنَ يَا عَائِشَة artinya "Tulislah Pelajaran Itu Sekarang, Hai Aisyah!".
  • ِاُخْرُجُوْا مِنَ الْبَيْت artinya "Keluarlah Kalian Dari Rumah!".

Itulah Pengertian Fi'il dan macam macamnya. Terimakasih buat teman teman yang sudah berlangganan artikel artikel kami. Semoga apa yang kami pelajari dan kami tulis di sini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin. Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh. (Ummu Zaid)

0 Komentar Pengertian Dan Macam Macam Fiil Dalam Bahasa Arab

Posting Komentar

Back To Top